Kamis, 08 April 2010

daun sirih

Ada beberapa jenis penyakit yang dapat disembuhkan dengan mediator tanaman yang memiliki nama ilmiah Piper betle linn ini. Misalnya bau mulut, mimisan, diare, sakit gigi, alergi, bronchitis, keputihan, dan sifilis. Dengan penggunaannya yang relative sederhana dan keberadaannya mudah didapat, maka tanaman berbiji dua iini dapat menjadi sebuah alternative di samping pengobatan secara medis. Beberapa macam cara menyembuhkan penyakit tersebut yakni :

1. Mimisan : Ambil daun sirih satu lembar, gulung sambil di tekan agar keluar minyaknya lalu gunakan untuk menyumbat hidung yang mengeluarkan darah.

2. Diare : ambil 4-6 lembar daun sirih, 6 biji lada, 1sdm minyak kelapa. Tumbuk semua bahan bersama-sama sampai halus, lalu gosokkan pada bagian perut, ulangi sampai sembuh.

3. Sakit Gigi dan Bau Mulut : Ambil daun sirih secukupnya kemudian direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih, lalu dinginkan air rebusan tersebut. Gunakan air rebusan untuk berkumur . Diulang secara teratur (untuk sakit gigi gunakan teratur sampai sembuh). Atau ambil 2lbr daun sirih yang telah diremas, garam secukupnya. Bahan tersebut diseduh dengan air panas sebanyak 1gls, kemudian aduk sampai garam laut, biarkan sampai dingin dan gunakan untuk berkumur.

4. Alergi : Ambil 6lbr daun sirih, 1 potong jahe kuning, 1 setengah sendok minyak kayu putih. Semua bahan tersebut ditumbuk bersama-sama hingga halus, kemudian digosokkan pada bagian badan yang gatal-gatal.

5. Keputihan : Ambil 7-10 daun sirih. Daun sirih direbus dengan 2,5 liter air sampai mendidih. Saat masih hangat, air rebusan daun sirih tersebut dipakai untuk membasuh dan membersihkan bagian kewanitaan secara berulang-ulang.(detik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar